• SMA TERPADU SUNAN AMPEL TULUNGAGUNG
  • UNGGUL DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMAN, TAQWA, DAN AKHLAKUL KARIMAH
  • smasunanampel99@gmail.com
  • (0355) 320531 CP : WA . 081249503509 - 081216579906
  • <
  • Pencarian

Profil

SMA Terpadu Sunan Ampel adalah transformasi dari SMA SUNAN AMPEL yang berdiri pada tahun 2011 di lingkungan Pondok Pesantren Bolu di bawah Yayasan Sholahiyatul Fatah.

Pondok Pesantren Bolu sendiri merupakan salah satu pondok tertua di wilayah Tulungagung. Berdiri pada Tahun 1885 M oleh Romo KH. Abdullah Faqih. Beliau adalah putra (Almh) Raden Ayu H. Ali yang masih kerabat dekat pangeran Diponegoro. Perjuangan beliau diawali dengan pengajian toriqot bersama masyrakat sekitar. Salah satu faktor yang mendorong  masyarakat tertarik adalah kemasyhuran beliau sebagai ahli batin. Seiring dengan berjalannya waktu, pengajian toriqot tersebut berkembang  menjadi Pondok Pesantren.

Pada tahun 1929 M. beliau mangkat berpulang ke rahmatullah, dan tampuk kepemimpinan pondok peantren beralih kepada putra bungsunya, yaitu Romo KH. Ghozali (1898-1979 M). Seperti halnya Sang Ayah, dalam kepemimpinannya, beliau memperlakukan para santri dengan penuh kasih sayang melebihi putra-putrinya sendiri. Perubahan mendasar yang beliau terapkan diantaranya adalah sistem pendidikan klasikal seperti di Pondok Tebuireng pada waktu itu, penerapan administrasi, mengenalkan koperasi sebagai bentuk wirausaha santri, dan ilmu-ilmu alat, nahwu, shorof dan juga ilmu fiqih yang semakin dikembangkan.

Setelah beliau menghadap kepada Yang Maha Kuasa, perjuangan diteruskan oleh sang putra bungsu, yaitu: Romo KH.  Muhsin Ghozali hingga sekarang. Pembaharuan-pembaharuan yang diadakan dibawah kepemimpinan KH.  Muhsin Ghozali diantaranya adalah: pengembangan metode pembelajaran Alfiyah Ibnu Malik, Ilmu Manthiq dan Ilmu Balaghoh dengan sistem Kursus, dan mendirikan sekolah formal tingkat SMP dan SMA. Dengan harapan santri tidak hanya terbekali ilmu agama tetapi berpadu dengan ilmu umum dan kemasyarakatan sesuai dengan tuntutan zaman.

 SMA TERPADU SUNAN AMPEL 

 

Berdasarkan surat perpanjangan izin operasional yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Tertanggal 15 September 2020, Nomor: 19.03/1206/01/IX/2020, SMA SUNAN AMPEL resmi bertransformasi menjadi SMA TERPADU SUNAN AMPEL.

Dalam pelayanan pendidikan yang ditawarkan kepada masyarakat, SMA TERPADU SUNAN AMPEL mengintegrasikan antara pendidikan formal dan pendidikan pondok pesantren. Maka disamping melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan acuan KTSP 2013 yang menjadi kurikulum SMA TERPADU SUNAN AMPEL juga dicanangkan dan dilaksanakan program-program unggulan, diantaranya:

  1. Program S7 (Salam, Salim, Senyum, Sapa, Sopan, Santun dan Semangat)
  2. Program Pembiasaan (Sholat Dluha, Tilawah Qishorus Suwar meliputi, Surah Al-Mulk/Tabarok, Surah Waqi'ah, Surah Yasin, Aurad Tahlil dan Ratibul Haddad)
  3. Program Tahfidz (Menerapkan Sistem Madrasah Murattilil Qur'an Lirboyo)
  4. Program Kutubut Turats (Bimbingan Membaca Kitab Kuning)
  5. Program Psikologi Test
  6. Program Wisata Religi
  7. Program Pelatihan Khitabah

Sedangkan Kegiatan Kepramukaan SMA TERPADU SUNAN AMPEL menggunakan nama ambalan: KH. AGUS SALIM-RA KARTINI, GUGUS DEPAN: 18.087/18.808.

Ekstrakulikuler meliputi: Hafalan Qishorus Suwar, Kaligrafi/Khattat, Menjahit, dll.

Pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta kegiatan santri-santri SMA TERPADU SUNAN AMPEL sehari-hari dilaksanakan oleh para guru/ustadz dengan latar belakang pendidikan dari berbagai perguruan islam dan perguruan tinggi, yang sebagian besar tinggal di asrama dan secara penuh mengawasi serta membimbing santri dalam proses kegiatan belajar mengajar dan kepengasuhan santri.

Kepala Sekolah bersama pengawa SMA TERPADU SUNAN AMPEL, Bapak H. Hadi Subrata, M.Pd.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Struktur Organisasi

24/01/2020 10:46 WIB - Administrator
Visi dan Misi

Visi Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut den

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator